Minggu, 15 Mei 2016

Kuliner Yogyakarta

Ada banyak kuliner di Yogyakarta yang rasanya maknyuss dan mantab abiz. Dari yang berlokasi di tempat yang mudah ditemukan sampai yang mblusuk di jalan jalan desa. Dan itu tidak membuat para penggemar kuliner gentar malah jadi penasaran ingin merasakan seperti apa kenikmatan dari kuliner tersebut.
Nah macam ragam kuliner maknyuss di Yogyakarta ini antara lain :

1. Bakmi Jowo Mbah Gito.


Bila anda berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa untuk mencoba kuliner yang satu ini, Bakmi Jowo



Di Jalan  Nyi Ageng Nis, Peleman, Rejowinangun, Kotagede terdapat sebuah rumah makan  yang terkenal dengan bakmi godhognya yaitu Bakmi Jowo Mbah Gito. Agak mblusuk sih lokasinya tapi ga susah koq asal mau tanya tanya sama orang pasti ketemu. Atau tanya sama Mbah Gugel aja, beliau tahu semua jalan bahkan yang paling mblusuk sekalipun.


Rumah makan ini dihiasi dengan ornamen ornamen antik seperti gong besar di depan pintu masuknya, wayang, lampu pelita jaman kakek saya dan masih banyak lagi. . Pilar pilar kayu besar di seantero ruangan membuat suasana makan di rumah makan ini memiliki nuansa yang berbeda dengan rumah makan lainnya, sangat otentik membuat kita seakan bukan berada di sebuah kota melainkan sebuah desa jaman dahulu kala. Para pelayan, tukang masak sampai kasirpun memakai baju adat jawa seperti lurik dan blangkon.

Soal rasa, tak perlu diragukan lagi. Top !
Rumah makan ini buka dari jam  10 sampai jam 11 malam. Menunya ga cuma bakmi godhog, ada bakmi kuah, bakmi goreng, nasi goreng, magelangan, cap cay, puyung hai , dan masih banyak lagi.

2. Tengkleng Gajah


Dinamakan gajah bukan karena dibuat dari tulang gajah melainkan karena biasanya tengkleng lain porsinya biasa  saja tapi kalau yang ini porsinya seabreg, kalau urang Sunda bilang teh cukup bikin perut beugah alias kenyang banget.
Selain tengkleng juga ada sate. Satenya juga mantab brooo...
Nih coba lihat...


Satenya empuk, ajib banget ga ada alot alotnya. 
Di rumah makan ini ada banyak menu lainnya seperti tongseng, nasi goreng dan banyak lagi.





Alamat tengkleng gajah : Jalan Kaliurang Km. 9,3 Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta
Telp: (0274) 882512

Buka  jam 09.00 - 21.00 WIB 

3. Pecel Malioboro


Disepanjang jalan Malioboro dekat pasar Beringharjo banyak yang berjualan pecel. Yang membedakan pecel disini dengan pecel lainnya adaalah salah satu bahan bakunya yaitu kembang turi. Enak sekali pecel disini. Selain pecel juga ada banyak menu lainnya.



 Satu porsi pecel tanpa nasi cukup Rp. 7.000 saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar