Rabu, 03 Agustus 2016

Transportasi Bus di Vietnam

Traveling dengan naik transportasi umum seperti bus di negara asing tidaklah sedemikian mudah apalagi kalau kita tidak berbicara dalam bahasa mereka dan juga tidak memiliki informasi yang cukup. Tapi bila kita mau belajar sedikit saja, dan tidak segan bertanya masalahnya tidak akan sedemikian rumit.  Kata orang " sana" istilahnya you just need a willing to try. Anggap saja sebagai sebuah petualangan dan temukan serunya sebuah perjananan. Jangan lupa catat alamat hotel kalian, kalaupun nyasar masih ada taxi untuk kembali, yeeeyy :-)

Kita mulai dari bandara Tan Son Nhat . 
Saat kita berada di Saigon umumnya daerah yang paling banyak diminati bagi para turis adalah menginap di sekitar Distrik 1. Dan jalan yang paling populer adalah Pham Ngu Lao street.  Kenapa ? Karena  selain murah sehingga menjadi tempat berkumpulnya para turis, spot spot wisata di Saigon kebanyakan memang adanya di Distrik 1. Dengan spot wisata yang bisa dicapai dengan bus atau bahkan dengan  berjalan kaki tentunya akan lebih menghemat pengeluaran kita dalam traveling. 

Dari Bandara Tan Son Nhat  ke Distrik 1 sekarang ada 3 pilihan bus yaitu bus no. 152, bus no. 109 dan bus no. 49

Bus no. 152


Parkir di depan pintu keluar bandara dekat Burger King. Selesai urusan imigrasi maka kita akan menuju pintu keluar dan dari pintu keluar bandara  jalan belok kanan sedikit maka akan segera terlihat bus ini.
Tiket 5.000 vnd belum termasuk koper. Jadi untuk koper kalian harus bayar lagi. Gimana triknya agar tidak kena charge? Bawa perlengkapan traveling seperlunya saja kalau bisa cukup dengan satu ransel. Ransel jangan taruh di bangku tapi dipangku. Harap diingat bus ini hanya beroperasi  dari jam 05.30 sampai jam 6 sore.


Bus no. 109





Sejak Maret 2016 bus no. 109 mulai beroperasi dengan route dari Bandara Tan Son Nhat ke distrik 1. Harga tiket 20.000 vnd berikut koper atau  12.000 vnd untuk jarak dibawah 5 km.  Keberangkatan setiap 15 - 20 menit sekali antara jam 05.30  am - 01.30 am. Perjalanan dari bandara ke distrik 1 sekitar 50 menit tergantung situasi lalu lintas.

Katakan saja dimana kalian akan turun dan kondekturnya akan memberi tahu berapa yang kalian harus bayar. 
Interior bus nya bagus, bersih dan modern. Ber AC pula. Baik supir maupun kondektur bisa berbahasa inggris dan siap mengantarkan kalian ke Distrik 1.

Bus no 49



Bus ini baru beroperasi sejak Mei 2016. Bus ini lebih cepat daripada bus lainnya karena dari bandara langsung ke city center tanpa berhenti dulu di terminal bus. Bus ini  berhenti di banyak hotel besar sepanjang Notre dame Cathedral dan gedung Opera House. Ber AC dan ada wifi nya juga lho.Tiket 40.000 vnd.
Jam operasi 05.00 am - 1.30 am.

Route bus no. 49 :
Tan Son Nhat Airport's international terminal - domestic terminal - Truong Son - Tran Quoc Hoan - Hoang Van Thu - Nguyen Van Troi - Nam Ky Khoi Nghia - Le Duan - Cong Xa Paris - Dong Khoi - Dong Du - Hai Ba Trung - Ton Duc Thang - Ham Nghi - Ben Thanh - Pham Ngu Lao - Nguyen Trai - Le Lai - Nguyen Huu Canh - Cach Mang Thang 8 - Dien Bien Phu - Nam Ky Khoi Nghia - Nguyen Van Troi - Phan Dinh Giot - Truong Son - International terminal

Bus Hop and Off service 
Untuk mengunjungi tempat tempat wisata di distrik 1 mulai Mei 2016 di Sagon juga mulai beroperasi bus hop and off . Tiketnya 199.000 vnd berlaku untuk sehari.  
Buat saya pribadi untuk tempat tempat wisata di distrik 1 lebih baik jalan kaki karena tempat-tempat itu cukup dekat jaraknya satu sama lain.  Sedangkan untuk yang agak jauh seperti China Town atau Binh Tay market (tempat belanja harga grosir) ,  bisa naik bus no. 01 dari stasiun Ben Tanh, cukup 6.000 vnd saja. Turunnya di stasiun terakhir , yaitu stasiun Cho Lon. Lokasi pasar ini dekat dengan stasiun Cho Lon. Untuk baliknya ke Ben Tanh market naik bus dengan nomer yang sama.  Yang penting sediakan peta atau gunakan google maps. But wait ... jangan lupa topi dan sunblock. Cuaca di Saigon di bulan Juli bukan cukup tapi memang panasss  :-)

Selain pilihan bus di atas untuk menuju lokasi lainnya tersedia banyak bus dengan masing masing routenya. Saya menemukan sebuah aplikasi bus map secara online yang bisa kalian lihat dan download di sini

Terminal Bus di Saigon

Terminal bus HKXB Saigon

Letaknya persis di seberang  bundaran pasar Ben Tanh. Dari terminal ini  dengan menggunakan bus no. 1 bisa lanjut ke China town. Bus dari bandara juga akan berhenti di terminal ini.


Terminal 23/9 Park
Kalau mau ke Chu Chi Tunnel naik busnya dari terminal ini


Terminal Cho Lon di Distrik 5
Terminal Mien Dong di Distrik Binh Thanh

Hanoi 

Beberapa bulan yang lalu kalau hendak ke Old Quarter dari bandara No Bai kita menggunakan bus dari maskapai Vietnam Airlines atau bus no. 7, tapi sekarang ini sudah ada tambahan bus baru yang langsung menuju Old Quarter, yaitu bus no. 86 dengan tarip 30.000 vnd.
Bus no. 7 dari Bandara No Bai tidak langsung ke Old Quarter melainkan berhenti di Daewoo Hotel. Baru dari sana dilanjutkan dengan bus no. 17  menuju Hoan Kiem Lake di Old Quarter.

Bus no. 86




Posisi bus ini ada disebelah kiri pintu keluar bandara domestik.
Interiornya mewah, bersih dan sejuk.  Ada free wifi. Baik supir maupun kondektur bisa berbahasa inggris, jadi tidak usah khawatir tinggal katakan saja dimana kalian hendak turun maka mereka siap mengantarkan ke halte bus yang terdekat. Mulai beroperasi  dari Bandara Noi Bai jam 06:18 -  22 : 58 dan dari  Hanoi Stasion di Le Duan street jam 05.05 - 21.40.


Route bus no 86 :

Noi Bai Bus Station – International Station T2 (Lobby of first floor, arrival station) – Vo Nguyen Giap – Domestic Station T1 (Lobby of first floor, arrival station) – Nhat Tan Bridge – Long Bien Transit Point - Tran Nhat Duat – Tran Quang Khai – Trang Tien – Le Thanh Tong – Hai Ba Trung – Ngo Quyen – Ly Thuong Kiet – Le Duan – Hanoi Train Station.


Perjalanan  menuju Olq Quarter kurang lebih 1 jam .

Bila kalian menginap di sekitar jalan Ly Thay Tho ( dekat dengan Hoan Kiem Lake ) maka kita akan diturunkan di sekitar area Tran Quang Khai. Dari situ tinggal jalan kaki sedikit sudah sampai. Lebih baik kalian mendownload dulu peta navigasi dari Google secara offline sehingga kalian tidak kesasar.

Di bawah ini adalah beberapa  bus yang bisa kalian pergunakan saat jalan jalan di Hanoi dengan biaya yang cukup murah.

Ho Chi Minh Maoseleum
Ambil bus no. 9  Bo Ho - Cau Giay - Bo Ho ( melewati Hoan Kiem Lake - Old Quarter - Hanoi Zoo  - Lenin Monument ).
 Bo Ho merupakan daerah di Hoan Kiem Lake. Halte busnya ada di  Hoan Kiem Lake dekat  dengan pool electric car atau Tourist Information Center. Bus ini bisa berhenti di dekat Ho Chi Minh Maoseleum tepatnya di Le Hong Phong/ Dien Bien Phu street.
Naik taxi juga bisa, ongkosnya cuma 30.000 vnd.
Dari Ho Chi Minh Maoseleum kita bisa berjalan kaki ke berbagai tempat yang berdekatan dengan Ho Chi Minh Maoseleum, seperti Ho Chi Minh Museum, Ho Chi Minh Stilth House dan One Pillar Pagoda.

Van Phuc Silk Village 
Bus No. 2 Bac Co - BX Yen Nghia ( melewati Hanoi Opera House - Temple of Literature - Van Phuc Silk )

West Lake
Bus no. 14 Bo Ho - Co Nhue ( melewati Old Quarter - West Lake - Metro Thang Long -Thang Long Bridge )


Untuk  lebih lengkapnya cerita liburan murah ke Vietnam bisa baca di sini

Dah jelas kan ? Ok, Selamat traveling n enjoy your trip ....










Tidak ada komentar:

Posting Komentar